Yuk Ketahui 6 Manfaat Dari Ikan Patin!

Seperti yang kita ketahui, Ikan mempunyai kandungan nutrisi yang baik dan menjadi sumber protein tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah ikan patin. Olahan makanan ikan patin menjadi kegemaran oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa karena dagingnya yang bertekstur lembut. Ikan patin adalah salah satu jenis ikan air tawar yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tulang hingga otak. Pengolahan ikan patin harus benar, agar manfaat di dalam ikan tersebut tidak terbuang sia-sia. Jika ingin tahu apa saja manfaat ikan patin, simak ulasan di bawah ini!

Baca Juga:

1. Memelihara Kesehatan Otak

Ikan patin memiliki lemak omega-3, protein dan aneka vitamin serta mineral yang bisa berguna untuk menjaga kesehatan otak. Beberapa penelitian membuktikan kalau pola makan sehat, termasuk dengan rutin memakan ikan karena dapat memelihara fungsi dan kinerja otak, meningkatkan memori dan juga konsentrasi pada lansia, serta mengurangi risiko penyakit pada otak.

2. Mencegah Penyakit Jantung Dan Menurunkan Kolesterol

Ikan patin sangat baik untukkesehatan jantung dan juga pembuluh darah karena mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Ikan patin juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat bagi tubuh. Jika kadar kolestrolnya terlalu tinggi, kolesterol jahat dapat menimbun dan membuat terjadinya sumbatan di pembuluh darah. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya penyakit stroke dan penyakit jantung.Oleh sebab itu, jika ingin menjaga kesehatan jantung dan juga pembuluh darah maka cukupilah asupan nutrisi harian, salah satunya bisa didapat dari ikan patin.

3. Menjaga Kesehatan Jaringan Tubuh

Ikan patin mempunyai protein yang berperan utama pada proses pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh. Tidak hanya itu, Protein yang terdapat pada ikan patin juga ikut membentuk energi serta berbagai macam hormon dan enzim di dalam tubuh.

4. Mencegah Anemia Atau Kekurangan Darah

Anemia atau kurang darah ialah penyakit yang terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah. Untuk mencegah anemia, diperlukan mencukupi asupan nutrisi tersebut dengan memakan makanan sehat, seperti daging, telur, kacang-kacangan, tahu, tempe, dan ikan, termasuk ikan patin.

5. Menurunkan Berat Badan

Protein yang terdapat di dalam ikan patin juga cocok untuk diet, karena akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini bisa membuat kita lebih mudah mengontrol nafsu makan, sehingga berat badan dapat turun. Oleh sebeb itu, Ikan patin termasuk salah satu jenis makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Karena memiliki kandungan nutrisi yang banyak, ikan patin juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga membuat tubuh tidak akan mudah terkena penyakit. Jika rutin memakan ikan patin juga bisa membantu proses pemulihan tubuh ketika saat sakit atau cidera.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama