Suka Makan Ikan Lele? Inilah 6 Fakta Unik tentang Ikan Lele

 


Kebanyakan komunitas negara Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan lele. Ya! Ikan yang menjadi salah satu menu penyetan, dapat juga sering menjadi lauk seharian kalangan masyarakat, karena mudah didapatkan dan harganya juga sangat murah dan terjangkau.

Ikan lele ialah salah satu spesies ikan air tawar. Oleh sebab itu, lele banyak dibudidayakan dan membuat keuntungan. Ikan lele juga mempunyai nama latin yaitu Clarias, kata ini berasal dari negara Yunani yang memiliki arti hidup. Sementara itu, lele juga mempunyai berbagai macam kelebihan lainnya, mulai dari kemampuan tumbuhnya dengan sangat cepat, beradaptasi dengan lingkungan buruk, bergizi tinggi, dan rasa dagingnya sangat lezat begitu diolah.

Habitat lele ialah di sungai dengan arus yang pelan, rawa telaga, waduk, dan persawahan. Sementara itu, ikan Lele juga mempunyai keahlian adaptasi tinggi sampai bisa hidup di saluran got dan pembuangan.

Berikut fakta-fakta unik dari ikan lele!

Baca juga :

1. Mempunyai Respons Tubuh yang Unik

Hal unik lain yang dimiliki ikan lele ialah respons dari tubuhnya kepada sentuhan dan bahan kimia. Sebab itu, kalian baiknya tidak menyentuh ikan lele yang berada di dalam kolam. Karena Ikan ini akan bisa saja kabur atau membagikan serangan akibat sentuhan kecil yang diterima. Ikan lele dapat juga mendeteksi bahan kimia di dalam permukaan air, dengan menggunakan empat pasang kumisnya. Kumis Ikan lele ini dilengkapi dengan sensorik terkuat sehingga bisa dapat mengetahui adanya bahan kimia di dalam air.

2. Tidak Mempunyai Sisik

Ikan lele tergolong jenis ikan yang tidak mempunyai sisik, justru kulitnya yang sangat halus atau licin, sehingga apabila saat di pegang akan terasa licin. Karena di bagian kulit ikan lele tertutup lendir.
Bahkan kulit dari ikan lele ini ternyata mempunyai fungsi lain, yaitu sebagai alat pernapasan.

3. Termasuk Golongan Hewan yang Nokturnal

Hewan nokturnal tidak hanya ada di darat saja, namun bisa juga terdapat di air.
Jenis hewan nokturnal yang hidup di air ialah Ikan lele. Sedangkan pada saat siang hari Ikan lele ini beristirahat. Sebab itu, pada siang hari, Ikan lele akan menentukan tempat yang gelap dan tidak akan banyak gerak.

Sifat ini dapat membuat orang-orang yang membudidayakan hewan ini, sering melakukan penerapan dengan membuat lingkungan perairan yang gelap.


4. Bisa Berjalan di Darat

Ikan lele terdiri dari berbagai jenis yang berbeda-beda dan tentu saja mempunyai keunikan yang berbeda. Walau dari sebeberapa sebagian besar Ikan lele mempunyai ciri khas yang sama, seperti kepala besar dan kumis, tetapi ada hal lain yang membuatnya berbeda. Jenis lele yang dikenal dengan sebutan Ikan Lele berjalan ini bisa bergerak di permukaan tanah menggunakan sirip dan ekornya.



5. Ikan Lele Bisa Melahirkan 2.000 Sampai 21.000 Telur

Di Negara Asia Tenggara, ada sekitar 20 jenis Ikan lele yang telah ditemukan. Dan tiap jenis Ikan lele memiliki kebiasaan berbeda saat bertelur. Pada dasarnya, lele bertelur di sungai atau pun kolam dengan suhu yang sedikit lebih hangat. Biasanya telur akan disimpan di sarang yang telah dibuat di bawah batang kayu atau di tempat yang agak tersembunyi. Ikan lele betina bisa menghasilkan sekitaran 2.000 sampai 21.000 telur yang akan menetas dalam jangka waktu 6 sampai 10 hari.menetasnya telur ini tergantung pada permukaan suhu air. Ikan lele jantan akan melindungi anak yang baru saja menetas hingga anak itu berusia 1 minggu.

6. Ikan Lele Mempunyai Kandungan Gizi yang Tinggi.

Di Negara Indonesia, ada banyak tempat makan yang menghidangkan santapan berbahan ikan lele, contohnya ialah pecel lele. Selain dagingnya yang dan lembut, ikan lele juga mengandung beberapa kandungan gizi yang baik untuk tubuh.
Selain itu, lele juga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral,semacam vitamin C, A, B complex, D,  kalsium, magnesium, kalium, fosfor, natrium, dan zinc.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama