Simak! Inilah 8 Manfaat Tentang Ikan Nila

 

Menurut dari beberapa buku Budidaya Ikan, ikan nila ini berasal dari sungai Nil yang berada di negara Afrika. Untuk bentuk dan ukuran ikan nila ini hampir serupa dengan ikan mujair. Perbedaannya yaitu ikan nila mempunyai garis-garis tegak di bagian tubuhnya, sedangkan untuk ikan mujair tidak memiliki garis-garis di tubuh nya. Ikan nila ialah tergolong dari hewan omnivora atau pemakan segala. Ikan nila ini mudah dibudidaya dan berkembang. Di negara Indonesia sendiri ikan nila dapat diolah menjadi lauk yang banyak digemari, karena rasanya yang enak dan juga bergizi. Ikan nila dapat berkembang biak pada usia 1 sampai 2 tahun. Umur 4 sampai 5 bulan ikan nila sudah termasuk dalam kategori ikan dewasa. Saat ikan nila berumur 1 tahun berat badannya mencapai sekitar 1 kilogram per ekor.

Ikan ini seberat 100 gram per porsi mengandung beberapa gizi penting untuk tubuh, yaitu mempunyai energi 96 kkal Lemak total 1,70 gram Protein 20,08 gram Kalium 302 gram, selain itu ikan nila terdapat kandungan vitamin B3, vitamin B12, fosfor, dan selenium. Dalam 100 gram ikan nila, terdapat kandungan sekitar 26 gram protein dan 128 kalori.


Baca Juga :


1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Protein yang terkandung di dalam ikan nila bisa membuat kamu akan merasa kenyang cukup lama dan mampu menahan untuk makan berlebihan loh. Hal ini karena mengonsumsi ikan nila sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani penurunan berat badan.


2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ikan nila juga dapat meningkatkan kesehatan mata Kamu. Hal ini karena ikan nila terdapat kandungan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh supaya penglihatan kamu akan tetap berfungsi dengan baik. Sementara itu, vitamin A juga dapat bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit mata, contohnya seperti degenerasi, makula, dan rabun senja.


3. Menjaga Kesehatan Otak dan Jantung

Manfaat ikan nila selanjutnya yang sangat penting ialah mampu untuk menjaga kesehatan pada otak dan jantung. Hal ini terjadi karena terdapat kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan nila. Sementara itu, jenis asam lemak sehat ini dikenal untuk mengurangi tekanan darah dan trigliserida.


4. Menyehatkan Tulang untuk Ibu Hamil

Kandungan mineral yang terdapat pada ikan nila ini bisa membantu untuk menjaga kesehatan tulang, membantu proses pembekuan darah, dan kesehatan pada otot.




5. Mencegah Anemia Ketika Hamil

Kekurangan darah merah ketika waktu keadaan hamil bisa dapat menyebabkan anemia. Anemia saat hamil dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu maupun bayi yang berada di dalam kandungan. Mengonsumsi Ikan nila dapat mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah yang berada di dalam tubuh ibu dan bayi dalam kandungan. 


6. Meningkatkan Kualitas Tidur


Mengonsumsi ikan nila secara teratur dapat bisa meningkatkan kualitas tidur loh. Karena terdapat khasiat yang mengandung DHA yang dapat bekerja dengan merangsang melatonin. Ini ialah hormon yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur. 

Melatonin bekerja membantu tubuh untuk mempersiapkan diri saat tidur. Sebab hormon ini dapat mengirim sinyal ke otak, sehingga tubuh kamu akan menjadi lebih rileks dan lebih cepat untuk mengantuk.


7. Meningkatkan kekuatan tulang dan gigi

Ikan nila terdapat kandungan kalsium dan fosfor. Dua mineral ini yang dapat mendukung kesehatan bagi tulang dan gigi. Mengonsumsi ikan nila secara teratur bisa dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan pada tulang kamu.


8. Menjaga Kesehatan Kulit

Ikan nila ini terdapat khasiat yang berasal dari kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan nila. Nutrisi itu bisa dapat membantu untuk menjaga kelembapan pada kulit, mampu mengurangi peradangan, dan memperbaiki kondisi kulit ketika sedang kering maupun terasa gatal.




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama