Ikan Kakap dalam Kuliner: Resep dan Kreasi Masakan Lezat


Kakap (famili Lutjanidae) merupakan keluarga ikan laut dasaran (demersal) yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang. Ikan ini memiliki ciri tubuh yang bulat pipih dengan sirip memanjang sepanjang punggung. Jenis ikan kakap yang banyak ditemui di Indonesia ialah jenis kakap merah (L. campechanus). Beberapa jenis yang lain yang juga banyak ditemui adalah kakap kuning, kakap hitam dan lain-lain.

Baca juga :

Jenis ikan kakap

Kakap termasuk jenis ikan serta termasuk jenis ikan terumbu karang. Jenis kakap bisa dibedakan berdasarkan warna tubuhnya. Ada kakap merah, kakap putih serta kakap hitam.

  • Kakap merah

Nama ilmiah untuk ikan kakap merah ialah Lutjanus malabaricus. Spesiesnya termasuk jenis ikan demersal yang berukuran besar. Ikan kakap merah hanya hidup di perairan laut. Habitat ikan kakap merah bisa ditemukan di dasar perairan dangkal maupun perairan laut dalam. Tubuh ikan kakap merah bentuknya memanjang dan melebar. Ada yang bentuknya  gepeng serta ada yang melonjong. Bagian kepalanya ada yang cembung dan ada yang sedikit cekung.

  • Kakap putih

Kakap putih termasuk dalam famili Latidae yang termasuk bagian dari ordo Perciformes. Spesies kakap putih awalnya berasal dari Thailand. Habitat kakap putih kemudian ditemukan menyebar di bagian barat kawasan Indo-Pasifik. Kakap putih ditemukan di Teluk Persia hingga ke sepanjang Asia Tenggara dan mencapai Papua Nugini serta bagian utara Australia. Di kawasan tersebut, ikan kakap putih bisa ditemukan di perairan pesisir dan perairan air tawar. Kadar garam di lingkungan yang mampu ditinggali oleh kakap putih berkisar antara 0–40 ppt

Persebaran

Di Indonesia terdapat tiga genus kakap yang dikenal, yakni Lutjanidae, Labotidae, serta Centropomidae. Ketiga genus ini hidup pada habitat yang berbeda. Habitat Lutjanidae hanya bisa ditemukan di laut. Habitat Labotidae dapat ditemukan di perairan payau dan laut. Habitat Centropomidae bisa ditemukan di laut, perairan payau maupun perairan tawar.

Resep Ikan Kakap Mudah Lezat dan Gurih

Ikan kakap adalah ikan laut yang paling banyak digemari. Rasa  manis serta tekstur daging yang lembut membuat saya selalu ketagihan makan ikan kakap.

Banyak orang mengolah ikan kakap dengan cara digoreng dan disajikan bersama dengan sambal terasi serta lalapan. Namun, karena bosan selalu digoreng, Kamu bisa mencari variasi olahan ikan kakap lainnya. Ternyata, cukup banyak dan tidak kalah menggiurkan.

1. Sup Ikan Kakap

Selain digoreng, ikan kakap juga bisa dijadikan sup. Ikan kakap bisa dipotong jadi fillet atau darne. Dengan potongan ini, rasa kuah kaldu sup jadi lebih pekat dan segar. Bentuk ikan pun jadi tidak mudah hancur ketika dimasak.

Untuk memasak sup ikan kakap cukup mudah. Pertama, didihkan air dalam panci dan masukkan ikan, bumbu halus, serta irisan tomat hijau. Aduk rata bumbu dan tunggu hingga mendidih kembali. Kemudian, tambahkan garam, gula, lada, kaldu bubuk, serta kecap ikan. Lalu sajikan dengan taburan bawang goreng.

2. Gulai Kakap

Gulai merupakan olahan kakap paling banyak disukai. Selain enak, gulai kakap mudah dijumpai di restoran padang. Paduan bumbu gulai yang kuat sangat pas dengan lembutnya daging ikan kakap.

Bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat gulai ialah santan. Dalam panci, didihkan santan bersama bumbu halus, serai, daun jeruk, daun kunyit, serta asam kandis. Setelah mendidih, masukkan ikan kakap serta tambahkan sedikit garam.

3. Tim Ikan Kakap

Tim ikan kakap mempunyai khas tekstur yang lembut serta rasa yang sedap. Untuk memasaknya, disarankan Kamu memilih ikan kakap yang masih segar. Karena dagingnya masih terasa lembut dan manis.

Ikan kakap yang sudah bersih kemudian dikukus selama 5 menit. Tunggu mendidih, lalu tuang saus tim di atas ikan secara merata. Kukus kembali ikan yang sudah dibumbui selama 20 menit. Tim ikan pun siap disantap dengan sepiring nasi hangat.

4. Kakap Asam Manis

Daging ikan kakap yang tebal dan manis akan semakin enak jika disajikan jadi kakap asam manis. Ikan dipotong secara supreme, kemudian celupkan ikan ke dalam telur dan baluri dengan tepung. Ketuk-ketuk ikan lalu goreng ikan sampai berwarna kuning kecoklatan.

Untuk sausnya tumis bumbu-bumbu yang dibutuhkan, lalu tambahkan tomat, cabai, nanas, air kaldu, serta larutan maizena. Masak hingga mengental dan siram di atas gorengan ikan.

5. Kakap Bumbu Kuning

Olahan ikan kakap yang satu ini bisa jadi adalah menu yang paling sering kita jumpai di warung nasi sederhana. Ikan kakap digoreng kering terlebih dahulu, kemudian dimasak kembali bersama bumbu kuning.

Tumis bumbu kuning halus, daun salam, serta serai hingga harum. Lalu masukkan cabai, aduk bumbu hingga matang. Kemudian masukkan santan, beri gula dan garam dan aduk hingga mendidih. Baru masukkan ikan kakap goreng dan masak hingga bumbu meresap.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama