Mengenal Lebih Dekat Ikan Bawal, Punya Banyak Nama!


Ikan Bawal hitam adalah ikan air laut yang mempunyai nama internasional black plomfert. ikan jenis ini hidup di muara sungai dekat dengan laut, dan juga tersebar merata pada perairan Indonesia. Mulai dari perairan kalimantan, sulawesi, teluk bangal, laut arafuru, teluk siam, laut jawa, selat malaka, dan sepanjang laut cina selatan.

Baca juga :
Bawal hitam sendiri ialah komoditas perikanan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, dan juga termasuk ikan pemakan invertebrata atau plankton kasar. Selain itu bawal jenis ini ialah salah satu ikan yang mempunyai tingkat pertumbuhan yang cepat dan terkenal mempunyai rasa daging yang enak.

Klasifikasi Ikan Bawal Hitam

  1. Kingdom : Animalia
  2. Filum : Chordota
  3. Kelas : Actinopterygii
  4. Ordo : Perciformes
  5. Famili : Carangidae
  6. Genus : Parastromateus
  7. Spesies : Parastromateus niger

Morfologi Ikan Bawal Hitam

Ikan ini mempunyai bentuk badan pipih (Vertikal) dan umumnya cenderung mempunyai gerakan yang lambat. Badan bagian atas berwarna abu-abu gelap sedangkan badan bagian bawah berwarna keperakan. Bawal ini mempunyai sirip punggung memanjang sampai ke ekor, sirip dada memanjang dan meruncing seperti sabit, serta pada bagian depan sirip ekor (caudal peduncle) terdapat scute.

Bawal hitam mempunyai ukuran kepala lebih kecil dibandingkan dengan ukuran badannya. Mulutnya terletak pada ujung kepala namun agak sedikit keatas, memiliki mata kecil, rahang pendek, dan mempunyai gigi seri yang tajam.

Ciri-ciri Khusus Bawal Hitam

Umumnya berukuran 30 cm dan maksimal 55 cm.
Bawal hitam memiliki mulut bertipe sub terminal yang terletak dekat dengan ujung bagian kepala.
Bawal hitam memiliki bentuk gigi Molariform dan juga berpermukaan rata yang berfungsi untuk menumbuk dan menggerus.
Ekor bawal hitam berbentuk Emarginate, dan juga bertipe Homocercal yang tidak ditunjang oleh jari-jari sirip ekor.

Habitat Bawal Hitam

Bawal hitam mempunyai habitat yang cukup luas, mulai dari perairan air tawar, laut, hingga payau. Namun bawal ini lebih banyak menghuni perairan pantai yang mempunyai dasar lumpur. Pada siang hari umumnya ikan ini cenderung berada pada dasar perairan, dan pada malam harinya ikan akan naik kepermukaan. Seringkali bawal hitam membentuk gromobolan besar (schooling), dan memasuki wilayah estuari yang dekat dengan sungai-sungai besar.

Nama Lokal Bawal Hitam Tiap Negara

Bawal hitam merupakan ikan yang mempunyai persebaran cukup luas, yakni meliputi perairan Afrika Selatan, Mozambik, Kenya, Laut Arab, Teluk Bengal, Indonesia, Filipina, Cina, Jepang bagian selatan, dan Australia. Dimana setiap wilayah tersebut juga mempunyai pangilan yang berbeda untuk ikan bawal ini, antara lain :
  1. Arab : Halway, Halwaya.
  2. Burmese : Nga-yuzana.
  3. English : Halibut, Jack-pomfret, Pomfret, Slade, Sweep, Turbot, Black batfish, Black pomfret,                      Black pompano, Blue skate, Brown pomfret, Butterfish, False buttefish, German-fish.
  4. Jepang : Kuro-Ajimodoki, Kuroaji-modoki.
  5. Malaysia  : Bawar,, Dueh hitam.
  6. Indonesia : Bawal hitam, Bawal tambak
  7. Portugis : Peixe manteiga.
  8. Tagalong : Duhay, Pampano.
Demikianlah pembahasan mengenai Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bawal Hitam (Parastromateus niger), Semoga kamu dapat lebih memahami dan juga mengenal lebih dekat dengan ikan bawal hitam. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama