7 Jenis Ikan Hias Cocok untuk Aquarium



 Sebagian orang-orang memilih ikan hias untuk memperindah suasana pada rumah. Ikan hias bisa membantu pemiliknya untuk mengatasi stres akibat masalah yang dimilikinya. Pada umumnya, orang-orang memelihara ikan hias di kolam. Namun beberapa orang juga ada yang memelihara di aquarium. Untuk memperbaiki aquarium dengan sangat cantik kalian juga bisa sedikit menambah tumbuh-tumbuhan, kerikil, batu karang dll, ikan hias akan merasa hidup dihabitat aslinya. Memelihara ikan hias sekarang sudah menjadi hobi yang dilakukan banyak orang.

Baca Juga :


1. Ikan Cupang

Ikan cupang air tawar begitu familiar di berbagai negara. Ikan cupang berasal dari Asia Tenggara, yaitu negara Indonesia, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, dan juga Vietnam. Ikan cupang ini memiliki bentuk tubuh dan mempunyai karakter unik. Tetapi ikan jenis ini cenderung agresif. Ikan cupang ini terbagi menjadi tiga golongan, yaitu seperti cupang hias, liar, dan cupang aduan. Dan juga ikan cupang mempunyai jenis, yaitu fancy, double tail, giant, halfmoon, plakat, slayer, dan juga serit. Untuk harganya sendiri cukup bermacam-macam, tergantung dengan jenis dan keindahan. Ikan cupang biasanya dijual dengan harga belasan ribu hingga sampai jutaan rupiah. 


2. Ikan Molly

Ikan molly ini merupakan jenis ikan yang hanya bisa tumbuh hanya berukuran 3 sampai 4 inci saja. Ikan molly ini bisa hidup dengan sehat di dalam akuarium yang mempunyai pH dari 0,7 sampai 7,8. Meskipun begitu, ikan hias juga bisa dapat beradaptasi cukup baik dengan berbagai kondisi air.


3. Ikan Guppy

Ikan guppy ini mempunyai berbagai macam warna dan juga termasuk ikan yang lincah. Kelebihan lain dari ikan guppy ini ialah sangat mudah beradaptasi berbagai macam kondisi air. Ikan guppy jantan mempunyai banyak berbagai macam varian warna diibaratkan dengan ikan guppy betina. Ikan guppy ini juga sangat mudah untuk berkembang biak. Ikan guppy bisa hidup di air yang mempunyai suhu 50 derajat sampai 84 derajat fahrenheit. Akan tetapi, suhu tersebut harus dijaga secara cermat.


4. Ikan Platy

Meskipun ukuranya kecil, tetapi ikan ini sangat aktif dan suka berkelompok. Untuk sebanyak 5 ekor ikan platy, kalian hanya cukup menyiapkan tangki 10 galon yang lumayan cukup besar. Ikan platy ini tergolong dalam komunitas hebat. Ikan tersebut begitu damai dan rukun, meskipun satu aquarium berbeda jenis. Jadi, kalian tidak perlu cemas jika ikan-ikan itu ditempatkan dalam satu aquarium.




5. Ikan Koi

Jenis ikan koi ini pertama kali dikenal di negara Jepang yaitu pada tahun 1920. Ikan koi ini merupakan hasil persilangan antara beberapa jenis ikan mas yang berwarna putih dan merah.

Ikan koi ini dapat tumbuh hingga mencapai ukuran yang lumayan cukup besar. Pada umumnya, ikan ini yang memiliki warna yang sangat cantik dan bisa di jual begitu mahal.


6. Clown Fish

Clownfish ikan hias yang terkenal di dalam film “Finding Nemo”. Walaupun Clownfish hidup di laut, tapi perawatan ikan hias ini cukup mudah. Salah satunya ialah cukup memasukkan terumbu karang di dalam aquarium. Hal tersebut agar bertujuan untuk merasa lebih nyaman seperti berada dihabitat aslinya.


7. Ikan Lemon

Ikan lemon mempunyai sebutan seperti ini karena bentuknya yang hampir sama menyerupai buah lemon dan memiliki warna kuning cerah semacam buah lemon. Ikan lemon mempunyai daya tahan yang cukup kuat dalam satu wilayah, akan tetapi ikan lemon ini cukup agresif, jadi akan sulit jika disatukan dengan ikan hias jenis lainnya dalam satu aquarium.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama