Kamu Harus Tahu! Inilah 4 Manfaat Dari Ikan Laut!


Sebagai penduduk di negara maritim, masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan konsumsi berbagai jenis ikan-ikan laut. Tak hanya rasanya yang terasa lezat, ikan laut juga mengandung beragam nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ikan laut yang merupakan salah satu dari bahan makanan dengan beragam kandungan nutrisinya yang sangat diperlukan oleh tubuh, mulai dari protein, asam lemak omega-3, hingga vitamin serta mineral, seperti vitamin B kompleks, vitamin D, zat besi, kalsium, selenium, dan juga zinc.

Berbagai Manfaat Ikan untuk Kesehatan

Berkat kandungan-kandungan nutrisinya yang cukup melimpah, ikan laut juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah:

1. Menjaga kesehatan jantung

Tidak hanya mengandung asam lemak omega-3, ikan laut juga memiliki jumlah protein yang tidak kalah tinggi jika dibandingkan dengan daging-daging merah. Kedua nutrisi ini juga dapat diketahui mampu untuk menurunkan tekanan darah dan juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Ikan laut juga cukup baik untuk dikonsumsi yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan juga menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga:

2. Mendukung perkembangan otak dan mata

Kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalam ikan laut, seperti ikan salmon dan juga ikan sarden, dibutuhkan oleh janin, bayi, dan anak-anak yang berguna untuk mendukung perkembangan otak dan juga fungsi penglihatannya.

Tak hanya itu, beberapa penelitian pun juga membuktikan jika mengonsumsi ikan laut yang tinggi kandungan asam lemak omega-3 dapat meredakan gejala depresi dan juga bisa untuk menurunkan risiko terjadinya beberapa jenis penyakit degeneratif, seperti demensia, penyakit Alzheimer, serta juga degenerasi makula.

3. Menguatkan tulang dan sendi

Manfaat dari ikan laut yang selanjutnya adalah untuk mencegah radang sendi dan juga pengeroposan tulang (osteoporosis). Hal ini berkat kombinasi dari kandungan protein, asam lemak omega-3, kalsium, dan vitamin D yang ada di dalam ikan laut yang cukup baik untuk memelihara kesehatan tulang dan sendi.

4. Mencegah penyakit tiroid

Salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang yang menderita penyakit tiroid adalah kurangnya asupan yodium dan juga selenium.

Untuk memelihara fungsi dan juga untuk mencegah kerusakan kelenjar tiroid, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis ikan laut, karena di dalamnya terkandung dua jenis mineral tersebut.

Selain dari beberapa manfaat yang ada di atas, ikan laut juga diketahui cukup baik untuk mencegah anemia, meredakan gejala asma pada anak-anak, membantu tidur lebih nyenyak, dan bahkan bisa juga untuk menjaga kesehatan rambut.

Meski demikian, Anda juga harus perlu memilih dan juga mengonsumsi ikan laut secara bijak. Pasalnya, beberapa jenis ikan laut, yang seperti ikan tuna, ikan tongkol, dan ikan tenggiri, memiliki kadar merkuri yang cukup tinggi.

Guna memperoleh manfaat ikan laut yang secara maksimal tanpa perlu khawatir akan bahaya dari kandungan merkuri di dalamnya, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi berbagai jenis-jenis ikan tersebut sebanyak 2–3 porsi seminggu atau sekitar 150–300 gram untuk orang yang sudah dewasa dan 30–110 gram untuk yang masih anak-anak.

Gunakan Waring Ikan Untuk Pengepakan Hasil Panen, Info Harga Kilk Disini!

Anda juga bisa untuk mengonsumsi ikan laut lain yang memiliki kadar merkuri yang lebih rendah, seperti ikan salmon dan ikan teri, atau berbagai jenis-jenis makanan laut lainnya, seperti udang, kepiting, dan cumi.

Jika perlu, Anda juga bisa untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui informasi yang lebih lanjut seputar manfaat-manfaat dari ikan laut dan juga cara untuk mengonsumsinya secara aman, dengan sesuai kebutuhan Anda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama