Hewan Ini Punya 3 Jantung? Inilah Beberapa Fakta Unik Dari Gurita!


 Sekarang kita berbicara tentang hewan, pasti kalian semua sudah tidak asing dengan hewan yang satu ini, yaitu gurita. Gurita yang merupakan biota laut yang cukup terkenal akan 8 tentakelnya yang bisa digunakan untuk bergerak dan juga mencari mangsanya yang berada di bawah laut.

Gurita juga termasuk kedalam kategori hewan yang memiliki tubuh yang lunak dan juga berasal dari kelas Cephalopoda (kaki hewan yang terletak di kepala). Meski gurita cukup terkenal, fakta-fakta tentang gurita juga masih jarang diketahui secara luas.

Yang menjadi salah satunya adalah fakta bahwa gurita ini memiliki tiga jantung. 

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang gurita? Mari simak fakta-faktanya yang ada di bawah ini, yuk.

1. Memiliki 289 spesies

Dilansir dari World Animal Foundation, terdapat dari 289 spesies gurita yang sudah teridentifikasi. Sebagian besar juga ada yang hidup di dasar laut, tetapi beberapa, yang seperti gurita nautilus kertas, yang juga hidup lebih dekat dengan permukaan.

Mengenai makanannya, gurita suka memangsa hewan-hewan laut lainnya seperti kepiting, udang, dan moluska (hewan tanpa cangkang).

Baca Juga:

2. Mampu berkamuflase

Gurita juga termasuk hewan yang mampu untuk berkamuflase. Mereka menggunakan kemampuan ini karena untuk menghindari pemangsa. Dilansir dari National Geographic, gurita menyembunyikan diri dengan mengubah warna tubuh mereka yang sesuai dengan warna bahkan tekstur lingkungan sekitarnya juga.

3. Tubuhnya fleksibel

Karena gurita bertubuh lunak, gurita memiliki tubuh yang cukup fleksibel. Hal ini dapat memungkinkan mereka untuk melewati celah batuan yang sangat sempit yang ada di bawah laut. Kemampuan tersebut mereka gunakan untuk melarikan diri dari ikan-ikan pemangsa yang seperti belut laut.

4. Memiliki tinta yang berbahaya

Smithsonian Magazines yang mengungkapkan bahwa gurita memiliki tinta yang mampu utnuk membuat musuh-musuhnya terluka karena mengandung senyawa yang bisa disebut tirosinase. Ketika disemprotkan ke arah mata predator, tirosinase menyebabkan iritasi yang mampu untuk membutakan dan juga dapat untuk merusak indra penciuman serta rasa makhluk yang dikenainya.

Senyawa yang terkandung pada tinta terlalu manjur, dan sehingga gurita yang tidak bisa lepas dari tinta mereka sendiri juga bisa mati.

5. Hewan penyendiri

Gurita cenderung lebih senang ketika menyendiri, meskipun terkadang mereka juga berinteraksi dengan sesama gurita-gurita yang lain. Dilansir dari Live Science, beberapa spesies gurita yang berburu secara individu pada malam hari, sementara yang lainnya hanya berburu disaat senja dan juga subuh.

6. Termasuk hewan cerdas

Gurita yang merupakan salah satu hewan yang paling cerdas yang berada di planet ini. Menurut National Geographic, lengan gurita yang dilapisi dengan ratusan penghisap, yang tiap-tiapnya mampu untuk bergerak secara mandiri.

Hal ini dikarenakan lengan gurita memiliki sekumpulan neuron kompleks yang dapat bertindak sebagai otak. Lengan ini juga menyebabkan gurita mampu untuk menyentuh, mencium, dan juga memanipulasi objek.

Gurita dinobatkan sebagai salah satu hewan yang cerdas karena menjadi satu-satunya binatang laut yang mampu untuk membuka tutup toples, sebagai akibat dari struktur dan juga karakteristik tentakelnya. Selain itu, gurita juga bisa untuk membuka kulit kerang dan juga bisa menggerakkan batu.

7. Mempunyai tiga jantung

Yang terakhir merupakan salah satu fakta yang cukup unik gurita, yaitu gurita memiliki tiga jantung. Jantung utama gurita yang digunakan untuk memompa darah melalui organ, sedangkan yang dua lainnya untuk memompa darah lewat insang, ungkap dari Animal World Foundation.

Gunakan Waring Ikan Untuk Pengepakan Hasil Panen, Info Harga Kilk Disini!

Dalam darah gurita yang juga terdapat hemocyanin yang cukup banyak mengandung tembaga. Hal ini dapat menyebabkan gurita memerlukan dua jantung lainnya, untuk mengimbangi dan juga memompa darah pada tekanan yang tinggi.

Sekian penjelasan dari fakta-fakta unik gurita, Semoga bermanfaat ya!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama