Sukses Budidaya Mujair Dengan Bantuan Waring Ikan? Begini Caranya!

Ternak Ikan Mujaer
Halo, salam sejahtera untuk semua! Kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai Sukses Budidaya Mujair Dengan Naungan Waring Ikan. Untuk cara ternak ikan Mujair sepertinya anda telah para peternak usaha ikan telah tahu, melihat prospek bisnis berikut ini cukup lah menjanjikan. Bagi anda yang gemar dengan seafood terutama ikan, mungkin telinga anda telah cukup familiar dengan nama/jenis ikan Mujair ini. Bagaimana tidak? Jenis dari ikan mujair ini adalah jenis ikan air tawar yeng emanglah sering kali dikonsumsi oleh masyarakt sebagai lauk pauk yang menemani nasi putih untuk mengenyangkan perut anda.
Mujair, dengan karakternya yang sangat cepat untuk menyesuaikan dan condong benar-benar gampang untuk dikembang biakan, beberapa pelaku bisnis telah selayaknya anda belajar langkah membudidaya ternak ikan Mujair ini serta memakainya untuk kesempatan mengantongi keuntungan. Namun, akhir-akhir ini ada banyak pengusaha-pengusaha yang condong hindari usaha budidaya hewan sebab dipandang begitu susah serta membutuhkan modal yang lumayan besar.

Bila kamu tertarik untuk pelajari langkah budidaya ternak ikan Mujair, kamu tidak perlu cemas masalah hal tersebut. Sebab tentu saja modal serta tenaga yang sudah kamu kerahkan bisa dinyatakan dapat kembali padamu jadi keuntungan yang mengagumkan. Ingin tahu langkah budidaya ternak ikan Mujair? Turuti saja langkah-langkah gampang di bawah ini.

Berikut Cara Budidaya Ikan Mujair Unruk Peluang Bisnis Menjanjikan:

Persiapan kolam

Dalam budidaya ikan mujair hal yang pertama Anda harus siapkan adalah kolam sebagai wadah/media budidaya ternak. Kolam yang bisa digunakan sebagai wadah/media budidaya ikan mujair ialah kolam tanah atau bisa juga dengan kolam terpal. Nah untuk saran saya jika anda tak ingin terlalu memakan modal yang besar anda misa memakai terpal sebagai media/wadah untuk kolam ikan.

Lalu, buatlah dinding/rangka kolam supaya air tidak keluar atau bocor. Dinding kolam bisa dibuat menggunakan semen jika anda memilih kolam beton jika anda memilih kolam terpal, anda bisa memakai pipa, bambu, atau kayu sebagai dinding kolam. Atau, bisa juga dengan menggunakan lobang tanah saja sebagai dinding kolam. Jika dinding kolam sudah dibuat, selanjutnya anda bisa menyatukan dinding dengan terpal plastik yang suda disiapkan sesuai ukuran dinding/rangka.

Selanjutnya anda bisa memakai waring ikan sebagai tutup kolam. Mengapa harus waring ikan? Sebab wring ikan memiliki persentase lubang/kerapatan yang cukup agar ikan tidak dapat melompat keluar dari kolamnya dan menjadi keluar masuknya udara. Bila kolam siap, isi penuh kolam dengan air bersih. Lalu diamkan air semasa satu minggu. Ini mempunyai tujuan lumut ada. Lumut berperan percepat perkembangan ikan.

Pengairan

Sesudah proses persiapan kolam usai, kerjakan pengairan. Pengairan ini penting supaya proses pernafasan ikan mujair berjalan baik serta ikan tidak alami mabuk. Perubahan air akan membuat ikan tetap pada kondisi sehat. Ini sebab ikan mujair ialah tipe ikan yang bisa bertumbuh baik di air yang bersih. Beda perihal dengan ikan lele yang dapat bertumbuh baik di air kolam yang belum pernah ditukar. Buat kolam semaksimal kemungkinan untuk dapat mengendalikan keluar masuknya air supaya perubahan air tetap lancar.

Kerjakan pengapuran serta pemupukan

Supaya kolam yang dipakai makin bagus dalam budidaya ikan mujair, seharusnya dilaksanakan pengapuran. Triknya, isi penuh kolam dengan air, seputar 3—7 hari selanjutnya menguras kolam lalu keringkan semasa 1 minggu. Kerjakan hal itu bila Anda memakai kolam yang baru dibikin. Sesudah dikeringkan, selanjutnya sebar dengan cara keliling serta rata ke ruang kolam dengan kapur yang telah disiapkan, jumlah yang dipakai 100—250 gr/m.

Bila mempunyai sedikit uang semakin, Anda dapat lakukan pemupukan supaya semakin maksimal dalam budidaya ikan mujair itu. Ini sebab dalam proses pemupukan benar-benar menolong perkembangan ikan. Proses pemupukan bisa menyebabkan atau merangsang perkembangan plankton serta tipe pakan alami yang lain yang ada di kolam. Dengan begitu, ikan dapat memperoleh pakan penambahan, yakni pakan alami yang datang dari kolam itu.

BACA JUGA

Ide Kereatif Pemanfaatan Karung Bekas

Ciri Khusus Paranet Yang Tidak Dimiliki Peneduh Lainya

Sukses Beternak Ikan Dengan Naungan Plastik UV (Ultraviolet)

Penyeleksian bibit

Meskipun ikan mujair populer dengan ketahanan badannya (tahan penyakit), harus tetap dilaksanakan penyeleksian bibit untuk memudahkan pembudidaya dalam proses pembesaran ikan. Pilih bibit ikan mujair yang memiliki ukuran 2—3 jemari tangan orang dewasa. Ikan harus pada keadaan sehat, tidak ada cacat fisik.

Pemberian pakan

Pemberian pakan pada ikan mujair seharusnya memakai tepung ikan atau tepung kopra. Anda juga bisa memberinya pelet. Pemberian pelet pada ikan juga baik untuk perkembangan. Beri pakan pada sore dan pagi hari. Kerjakan tiap hari sampai ikan telah penuhi standard jual serta sesuai dengan ukuran mengonsumsi di pasar. Dengan pemberian pakan yang teratur, perkembangan ikan akan berjalan dengan baik serta cepat.


Pada budidaya ikan mujair disarankan untuk memakai kolam tanah. Ini sebab ikan akan memperoleh pakan alami dari tanah, untuk pakan penambahan. Pakan penambahan bisa membuat ikan berkembangbiak secara cepat. Dengan demikian, Anda akan membuahkan ikan mujair yang besar.

Waktu panen

Waktu panen ikan mujair memerlukan waktu yang termasuk singkat, bergantung keinginan customer. Pemanenan ikan mujair dilaksanakan dengan dua langkah, yakni pemanenan beberapa serta pemanenan keseluruhan. Pemanenan beberapa semakin disarankan sebab Anda bisa pilih ikan yang di rasa lumayan besar. Disamping itu, ikan yang di rasa masih kecil tetap berkembangbiak di kolam, menanti sampai tumbuh besar serta siap untuk dipanen. Tetapi, semuanya bergantung keinginan customer. Berapa besar berat ikan yang dipesan.

Tidak sulit untuk membudidayakan ikan mujair bukan?! Jika memiliki tekad yang bulat dalam mengerjakan sesuatu, Anda pasti akan mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Selamat mencoba!

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama