Pemanfaatan Waring Untuk Menjala Ikan

Menjala Ikan Dengan Waring Ikan
Selamat pagi! Mudah-mudahan beberapa pembaca tetap diberi kesehatan. Oke, ini hari kita akan mengulas artikel masalah Langkah Tangkap Ikan Dengan Waring Ikan. Dalam satu budidaya perikanan, terkadang seringkali Anda temui beberapa masalah seperti seumpama tersedianya akan air yang belum memenuhi, susahnya step pemanenan, sulit disaat penataan, susahnya pengurasan dan masalah yang lain-lainnya. Tetapi, bersamaan dengan berjalannya waktu serta perubahan jaman sekarang tidak lagi cuma berbentuk kolam dari hasil galian atau cekungan yang diberi isian air dan ikan, dan juga tehnologi waring ikan atapun kolam jaring yang sudah banyak diaplikasikan oleh beberapa warga.

Waring ikan ini mulai dari permulaan pengerjaan perkembangan, pemilaharaan serta perawatan, dan sampai ke pemanenan. Waring atau bisa juga disebut jaring pertanian dan perikanan hal yang demikian sering diketahui dengan nama waring ikan atau dengan nama lain waternet. Waring ikan mempunyai bentuk serta rangka jaring dengan detil ukuran kelonggaran yang cukup sesuai masing-masing kebutuhan pertanian. Waring ikan dibuat dari bahan plastik serta warna pada umumnya hitam. Waring ikan pada umumnya diterapkan sebagai pembatas pada sebuah kolam, tambak, atau membuat satu keramba jaring di danau atau sungai. Waring ini dapat digunakan untuk dibikin pagar perkebunan atau sawah.

Waring ikan kecuali untuk jaring pemisah kolam/tambak serta dipakai untuk pagar tanaman, waring ikan ini juga bisa dibuat alat untuk menagkap ikan di sungai atau laut. Kenapa dapat? sebab waring ikan dibuat dari anyaman yang membuat jaring jarig dengan bahan materialnya ialah bahan plastik yang dibuat seperti benang atau senar. Nah itu yang membuat waring ikan dapat jadi pilihan menjadi alat untuk menagkap ikan dilaut atau disungai.

Berikut adalah cara untuk menangkap ikan dengan waring ikan:

Siapkan Alat Yang Diperlukan

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membantu menangkap ikan dengan waring ikan adalah sebagi berikut
  • waring ikan sebagai jarign penangkap ikan
  • siapkan umpan untuk ikan dan tebarkan di sekitar kapal agar ikan mengumpul diarea kapal
  • siapkan pemberat semisal seperti batu agar saat jaring ditebarkan jaring tenggelam dan bisa menjebak ikan
  • siapkan juga waring yang suda dibentuk seperti karung untuk wadah ikan hasil tangkapan anda
Cari Tempat Yang Sesuai

Fungsi dari mencari tempat yang sesuai ini adalah untuk memastikan apa bila anda menebarkan jaring apakah anda pasti dapat ikan atau tidak dan disaran kan untuk tidak menangkap ikan yang masih anakan serta carilah tempat yang setidaknya tidak merusak terumbu karang ataupun yang dapat merusak lingkuan hidup

BACA JUGA
Penanganan Pasca Memanen Buah Tomat
Mengenal Apa Sih Waring Sayur Serta Apa Manfaatnya?
Penanganan Saat Panen Cabai Merah Besar Dengan Waring Sayur

Proses penangkapan

Prosedurnya juga sama dengan biasanya. Pertama, beberapa penangkap ikan akan menyebar jala dari atas perahu. Sesudah dikasih code dari ikan yang mengoyangkan dalam jaring, jaring itu akan diangkat. Langkah ini dipandang cukup efisien sebab sekali tarik, lumayan banyak ikan yang didapat. Disamping itu langkah ini juga cukup ramah lingkuan. Jala yang dipakai juga dapat diambil tingkat kerapatan lubangnya hingga tidak mencelakakan ikan kecil yang masih tetap berkembang.

Tips Saat menjaring 

Lihat jaring ikan agar tidak ADA rusak, bolong atau sobek besar, melewati ukuran ikan, Dicemaskan ikan akan berhasil lolos dari jaring.


Pasang jaring ikan dengan melereng / miring sesuai dengan arus air mengalir, serta upayakan jaring ikan itu sampai kedasar air. Sebab ikan saat malam hari seringkali bermain pada fundamen air untuk cari makanan. Serta Ikan fundamen sungai benar-benar nikmat dagingnya.

Menjaring ikan pada air sungai atau air tawar lakukan saat malam hari, sebab saat malam hari ikan tidak dapat lihat jaring yang sudah dirantang serta terpasang. serta gunakanlah jaringan pada air sungai yang tenang serta berlubuk.

Yap, sampai kita di ujung bahasan untuk artikel ini. Mudah-mudahan berguna buat beberapa pembaca, Demikian serta Terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama