Mengapa banya orang yang gagal dalam budidaya lele ?


     Banyak faktor yang menyebabkan kegagalan budidaya lele, rata-rata para pemula kurang menguasai ilmu dasar berbudidaya ikan lele, Sebagian kurang teliti dalam menganalisa pasar, kurang memperhatikan biaya oprasional maupun, faktor iklim di daerah mereka.

A.Kerugian Ternak Lele

     Salah satu faktor terbesar penyebab kegagalan budidaya lele adalah kematian lele dalam jumlah besar dan masih banyak lagi hal yang dapan menggagalkan budidaya lele

1. Benih lele yang kurang baik. Benih lele yang kurang baik dalam segi daya tahan terhadap parasit maupun bakteri lain yang merupakan penyebab penyakit, bisa jadi hal terburuk penyebab kematian lele dalam jumlah besar. Untuk mencegah kematian kita harus cermat dalam memilih bibi benih lele yang akan kita rawat.

2. Di mangsa oleh hewan predator. Jika kita menggunakan kolam yang punya kedalaman rendah, hewan predator bisa menjadi salah satu penyebab kurangnya lele dalam jumlah yang cukup besar di waktu masa panen.Kolam dalam tempat terbuka tanpa ada pagar pelindung membuat hewan predator seperti biawak, kucing, ular, ayam, maupun burung dengan mudah masuk, selain pagar hal penting lain yang bisa di lakukan untuk mempersempit kemungkinan adanya hewan predator adalah kebersihan di sekitar lingkungan kolam. Semak belukar di sekitar kolam bisa menjadi tempat persembunyian hewan pemangsa, oleh karena itu kebersihan di lingkungan kolam juga harus kita perhatikan.

3. Suasana kolam yang tidak stabil. Maksud stabil adalah dalam segi suhu, bahwasanya lele sangat cocok hidup di suhu kisaran 20-28 derajat Celcius, suhu yang sering berubah-ubah secara drastis akan menyebabkan lele stres, kemudian berkurangnya nafsu makan yang akan menyebabkan kematian, akan lebih baik jika anda menggunakan kolam terpal lalu tutup kolam tersebut dengan bahan seperti jaring rapat yang masih bisa di tembus cahaya matahari, dengan demikian suhu di dalam kolam akan lebih terjaga kestabilan suhunya.

4. Suasana sekitar kolam yang bising. Keadaan sekitar kolam yang berisik dan rame juga dapat menyebabkan lele mudah stres, berkurangnya nafsu makan dan menimbulkan kematian. Alangkah baiknya anda membuat kolam yang jaraknya agak jauh dari pemukiman warga, namun jika faktor lokasi yang tidak memungkinkan anda bisa memagar keliling kolam agar suara bising bisa di kurangi.

     Itu adalah beberapa faktor teknis penyebab kegagalan bisnis budidaya lele, faktor-faktor diatas merupakan penyebab kebayakan kegagalan bisnis budidaya lele oleh pemula. Jika anda seorang pemula atau anda baru ingin memulai bisnis budidaya lele, anda bisa gunakan beberapa hal diatas sebagai referensi untuk memulai bisnis budidaya lele, tinggal anda lakukan observasi tentang hal di atas, kemudian cocokkan dengan lingkungan anda.
     Selain faktor teknis, ada bebarapa faktor non teknis yang juga menjadi penyebab kegagalan para pebisnis budidaya lele, faktor-faktor ini bukan hanya menjadi penyebab kegagalan para pemula, namun para petani yang sudah lama menggeluti bidang ini.

     Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah. Harga pakan utama yang sangat mahal dan tidak seimbang dengan harga jual lele, lalu harga pakan yang terus naik di pasaran menjadi masalah utama para pebisnis budidaya lele, ketidakseimbangan antara pengeluaran dan pemasukan yang di dapat bisa menjadi alasan para pebisnis budidaya lele gagal dalam budidaya lele.

    Mengapa hal tersebut terjadi. Terkadang para pebisnis kelas menengah ke bawah memilih jalan praktis dengan menggunakan pelet sebagai pakan utama, tanpa mengurangi penggunaanya dengan memberikan pakan alternatif sebagai sampingan. Hal seperti itu pasti merugikan, walaupun hasil panen maksimal, jika harga jual tidak sesuai dengan pengluaran tetap saja itu merupakan cara yang salah.

    Jika anda ingin lebih mengirit biaya pakan, mulailah mencoba metode baru yaitu menggunakan sistem bioflok atau organik, budidaya lele dengan sistem bioflok dan budidaya lele dengan sistem organik telah banyak di praktekkan oleh negara-negara maju, dengan sistem tersebut, biaya pakan dapat di hemat hingga 50%, karena dalam sistem tersebut, kolam akan di rekayasa seperti habitat asli lele, sehingga pakan alami lele akan tumbuh dan berada di dalam kolam. Jika tidak melakukan hal tersebut yang paling banyak dilakukan oleh peternak dalam menyediakan pakan alami adalah dengan memproduksi maggot.

     Dalam memproduksi maggot sebagai pakan alami ikan, dan merubah maggot tersebut menjadi tepung dan pelet maggot sebagai pakan alternatif ikan. Setidaknya ada 3 tujuan dalam memproduksi maggot untuk keberhasilan budidaya ikan Anda

1. Anda memproduksi pakan alami maggot tinggi protein dengan biaya murah Rp3.000/kg

2. Tujuan anda memproduksi maggot adalah untuk menyediakan pakan alami secara terus menerus berkelanjutan sepanjang tahun. Untuk menjamin tersedianya asupan nutrisi dan protein tinggi secara terus menerus bagi ikan

3. Memproduksi pakan alami maggot lalat hitam ini harus tanpa meninggalkan bau agar kegiatan produksi maggot untuk pakan ikan bisa berlangsung dalam jangka panjang.

Sekian artikel dari kami , semoga info ini bermanfaat bagi para pembaca :)

Lim Corportion Menjual Waring Sayur & Ikan. Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Waring Sayur Maupun Ikan.
Phone: 031-8830487.
SMS/CALL/WA Kami Di : 0877 0282 1277 / 0852 3392 5564 / 0812 3258 4950.

Untuk info harga Waring Sayur dan Ikan silahkan klik DISINI


@MeF

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama