Mengenal Ikan Arapaima, Predator yang Kini Banyak Dipelihara


Salah satu jenis ikan air tawar, ikan arapaima, kerap menjadi viral saat ditemukan warga di kolam, sungai atau danau. Lantas, apa itu ikan arapaima? Ikan arapaima dikenal juga sebagai paiche atau pirarucu,Habitat ikan arapaima aslinya adalah di aliran sungai hutan hujan di Cekungan Amazon, Amerika Selatan dan danau serta rawa di dekatnya. 

Ikan arapaima adalah salah satu jenis ikan air tawar terbesar di dunia, karena dapat tumbuh hingga 15 kaki atau lebih dari 4,5 Meter dengan berat yang bisa mencapai lebih dari 181 Kg. Kendati jarang dilaporkan ditemukan ikan arapaima (Arapaima gigas) sebesar itu,tapi secara umum ikan arapaima terbesar biasanya ditemukan dengan berat 200 pon atau sekitar 90 Kg dengan panjang hampir 2 Meter.

Baca juga:

1. Ikan Raksasa

Sebagaimana dikutip dari laman Smithsonian’s National Zoo and Conservation Biology Institute, arapaima adalah ikan air tawar berukuran besar dan ramping yang berasal dari aliran lembah Sungai Amazon, meliputi Bolivia, Brasil, Kolombia, Guyana, dan Peru.  Ikan ini telah tersebar ke beberapa negara Asia Timur, baik sebaran secara sengaja maupun tak sengaja.

Ikan tersebut mampu menghirup banyak udara, yang memungkinkannya untuk bertahan hidup di tempat yang rendah tingkat  airnya. Arapaima adalah salah satu spesies  ikan air tawar terbesar di dunia yang beratnya bisa mencapai ratusan kilogram.

Penjelasan di laman AZ Animals menyebut jika ikan arapaima bisa mencapai panjang 3 meter, bahkan beberapa sumber lain menyebut panjang maksimalnya mencapai 4,7 meter dan beratnya mencapai 220 kilogram. Namun, araipama yang biasanya ditemukan berukuran sekitar 1,9 meter dengan berat 91 kilogram. Arapaima mempunyai kepala berwarna hijau seperti tembaga dan tubuhnya agak gelap. Ekornya ditutupi sisik merah. Itulah sebabnya ikah ini disebut juga dengan pirarucu atau  ikan merah di Brasil.

2. Ciri Fisik

 Ikan arapaima mempumyai tubuh yang lebar dan ramping seperti torpedo dengan kepala meruncing. Sisiknya tampak berwarna keabu-abuan, bintik kemerahan, hingga hijau kehitaman. Sirip di punggungnya membentang hingga di dekat ekor. Arapaima tidak mempunyai racun, meskipun tergolong sebagai predator karena memiliki gigi yang tajam.  Ikan ini cukup bersahabat (tenang) dan sifatnya tidak agresif.

Permukaan luar yang bergelombang dan keras memungkinkan arapaima menjadi gesit dan lincah untuk melindungi dirinya dari pemangsa. Satu hal yang membuat  ikan ini terlihat unik adalah bentuk moncong mulutnya yang seolah terbalik. Selain melihat ukuran tubuhnya, sejumlah orang menganggap  ikan ini lucu dan unik untuk dipelihara.

3. Pernapasan

Mengutip keterangan di laman AZ Animals, ikan arapaima mempunyai kantung oksigen untuk menghirup udara. Itu sebabnya arapaima dewasa hanya bisa bertahan di bawah  air paling lama hanya sekitar 10–20 menit.  Ikan ini cenderung hidup dekat permukaan air sebelum muncul untuk bernapas, serta menggunakan sebuah kantung renang yang termodifikasi yang membuka mulut dan bertindak sebagai paru-paru. Tegukan yang berisik dan khas itu membuat suara ikan ini seperti batuk dan bisa terdengar dari jauh.

4. Lidah Bertulang

Smithsonian’s National Zoo and Conservation Biology Institute menyebut arapaima mempunyai lidah bertulang dan gigi tajam yang dikombinasikan untuk melumatkan mangsanya dalam mulut. Arapaima memosisikan diri di bawah mangsanya, kemudian menelannya di dekat permukaan  air. Cara memangsa itu menimbulkan pusaran seperti hisap yang memaksa mangsanya masuk ke dalam mulutnya. Mangsanya lantas dilumatkan lidahnya yang ramping dan deretan gigi yang keras.

5. Cara Memangsa

Arapaima biasanya bertahan hidup dengan cara memangsa  ikan, tetapi juga memakan buah-buahan, biji-bijian, dan serangga. Predator ini terkadang menggunakan semburan kecepatan pendek dan melompat dari permukaan  air untuk menangkap burung dan kadal.

mengenai ikan Arapaima sendiri seperti yang dikutip dari laman resmi kkp.go.id, merupakan salah satu jenis ikan yang berbahaya atau predator dan mempunyai sifat yang disebut dengan Inpasif. Berdasarkan pada jenis spesiesnya, setidaknya terdapat 4 spesies yang dimiliki oleh ikan Arapaima tersebut. Beberapa spesies yang dimilikinya tersebut seperti Arapaima Gigas, Arapaima Mapae, Arapaima Agassizi, dan Arapaima Arapaima.  Sedangkan yang hingga kini diketahui masih memiliki banyak jumlah hampir di seluruh dunia adalah Arapaima Gigas, bahkan Arapaima Gigas ini sendiri tergolong dalam beberapa jenis sepeti yang kecil hingga besa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama