Cara Budidaya Ikan Gurame


Gurami atau gurami (Osphronemus gouramy) adalah sejenis ikan air tawar[1] yang populer sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di samping itu, gurami juga sering dipelihara dalam akuarium. Selain dikenal dengan nama gurami, ikan ini juga memiliki beberapa sebutan lokal seperti gurami (Sd.); grameh (Jw.); kaloi (My.); Kalui (Mng.); ikan kali (Plg.), dan lain-lain.[2]

Cara Budidaya Ikan Gurami Unggul yang Berkualitas – Ikan gurame menjadi salah satu ikan favorit masyarakat Indonesia. Ikan air tawar satu ini ternyata juga memiliki harga yang lebih mahal dibanding ikan tawar jenis lainnya. Tak lain pastinya karena gurame bisa menjadi hidangan yang lezat. Maka dari itu, tak heran jika kemudian banyak orang yang melakukan Budidaya ikan gurame.Dalam jangka waktu yang cukup lama, ikan gurame ini bisa tumbuh menjadi ikan yang cukup besar. Tentu saja peluang budidayanya masih sangat lebar. Jadi bagi Anda yang ingin memulai budidaya dari sekarang, tak usah ragu. Di artikel ini akan dibahas peluang dan juga langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai Budidaya:

Baca selengkapnya:

Pemilihan Tempat Budidaya

Tempat budidaya ikan gurame, harus memenuhi beberapa kriteria seperti ketersediaan sumber air yang bersih, kemudahan akses, dan cukup terlindung dari sinar matahari. Kolam atau tangki budidaya ikan gurame juga harus mempunyai ukuran yang sesuai dengan jumlah ikan yang akan dibudidayakan.

Pemilihan Ikan

Cara budidaya ikan gurame selanjutnya adalah pemilihan ikan, di mana saat memilih ikan gurame untuk dibudidayakan, pilihlah ikan yang sehat, berukuran besar, dan mempunyai warna yang bagus. Pastikan juga bahwa ikan yang dipilih adalah jenis yang sesuai dengan kondisi lingkungan budidaya yang tersedia.

Perlengkapan Budidaya

Berbagai macam peralatan dan perlengkapan budidaya ikan gurame harus tersedia, seperti pompa air, filtrasi air, alat pengatur suhu, pemantau kondisi air, dan lain-lain. Tak hanya itu saja, cara budidaya ikan gurame harus mempunyai kualitas air untuk keberlangsungan hidup ikan gurame. Pastikan bahwa air yang digunakan bersih dan memiliki kondisi yang sesuai dengan kebutuhan ikan, seperti pH, kadar oksigen, dan lain-lain. Ganti air secara berkala dan pantau kondisi air secara teratur.

Pemberian Pakan

Ikan gurame membutuhkan pakan yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan nutrisinya, sehingga cara budidaya ikan gurame adalah berikan pakan secara teratur, dan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan ikan. Jangan memberikan pakan berlebihan karena dapat menurunkan kualitas air.

Penyemprotan Obat

Dalam budidaya ikan gurame, penting untuk memantau kondisi air, dan menjaga agar tidak terjadi penyakit pada ikan. Jika terdapat tanda-tanda adanya penyakit, segera semprotkan obat yang sesuai dengan petunjuk pemakaian. Pastikan obat yang digunakan sesuai dengan jenis penyakit yang terjadi dan sesuai dengan spesies ikan gurame yang dibudidayakan.

Kesimpulan:

Ikan gurami terutama digemari sebagai ikan konsumsi.[1] Dagingnya padat, durinya besar-besar, rasanya enak dan gurih. Gurami hampir selalu tersedia di restoran, untuk dijadikan pelbagai macam masakan terutama gurami bakar dan gurami asam-manis. Ikan ini berharga cukup mahal.
Gurami juga disukai sebagai ikan hias akuarium

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama