5 Manfaat Ikan Kembung Beserta Kandungan Nutrisinya

Kembung adalah nama sekelompok ikan laut yang tergolong genus Rastrelliger, famili Scombridae. Meski bertubuh kecil, ikan ini masih sekerabat dengan tenggiri, tongkol, tuna, madidihang, dan makerel. Kembung termasuk ikan pelagis kecil yang mempunyai nilai ekonomis menengah, sehingga terbilang sebagai komoditas yang cukup penting untuk nelayan lokal. ikan kembung juga mempunyai berbagai manfaat. Apa saja itu? berikut adalah manfaat ikan kembung:

Baca juga:

Kandungan Nutrisi Ikan Kembung Ikan kembung adalah jenis ikan laut yang meskipun bertubuh kecil ternyata berkerabat dengan ikan-ikan seperti tuna, tenggiri, tongkol, dan mackerel. Ikan kembung yang memiliki nama ilmiah Rastrellinger sp. ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu, bukan? Ikan kembung kerap diolah menjadi sejumlah masakan yang begitu menggugah selera. Sama seperti ikan-ikan lainnya, ikan kembung merupakan ikan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin, membuatnya kaya akan manfaat. Sejumlah zat penting yang terkandung dalam ikan kembung antara lain:
  • Fosfor 
  • Iodine 
  • Omega-3
  • Protein 
  • Selenium Vitamin (vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin D)

Manfaat Ikan Kembung yang jarang orang ketauhi 

Banyak yang cenderung mengonsumsi ikan salmon, terlebih ikan ini umumnya disajikan dalam bentuk makanan khas Jepang yakni sushi yang menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Namun tahukah kamu jika ikan kembung ternyata memiliki manfaat yang tak kalah dengan ikan salmon? Berikut ini adalah manfaat ikan kembung bagi kesehatan yang jarang orang ketauhi

1. Mengendalikan Kadar Gula Darah 

Selain asam lemak omega-3, ikan kembung juga mengandung asam lemak tak jenuh lainnya yakni asam lemak omega-6. Adanya zat ini lantas menghasilkan manfaat ikan kembung yang terkait dengan fungsi omega-6, salah satu yang paling utama yakni mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini  sangat penting terutama untuk para penderita diabetes. Para penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan kembung secara rutin untuk menjaga agar kadar gula darah di dalam tubuhnya tetap terkendali. 

2. Mengatasi Peradangan 

Inflamasi atau peradangan yang terjadi pada tubuh juga bisa diatasi dengan cara mengonsumsi ikan kembung. Manfaat ikan kembung yang satu ini tidak lepas dari kandungan sejumlah senyawa aktif di dalamnya, yang mana senyawa-senyawa tersebut memiliki sifat anti-inflamasi. 

3. Menjaga Kesehatan Tulang 

Salah satu vitamin yang terkandung di dalam ikan kembung, yaitu vitamin D, menghasilkan manfaat ikan kembung terkait dengan kesehatan tulang Anda. Vitamin D adalah vitamin yang memiliki peran penting dalam memaksimalkan absorpsi kalsium, di mana kalsium merupakan mineral yang fungsinya untuk membentuk dan memelihara kesehatan tulang dan juga gigi. 

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Teruntuk kamu yang kini sedang menjalani program diet atau menurunkan berat badan, salah satu makanan yang hendaknya ada di dalam daftar menu sehat  sehari-hari adalah ikan kembung. Manfaat ikan kembung dalam membantu menurunkan berat badan ini oleh karena ikan kembung mengandung asam lemak tak jenuh yakni asam lemak omega-3 sehingga dengan mengonsumsinya tak lantas menyebabkan terjadinya penumpukan lemak yang bisa menaikkan berat badan. Asam lemak omega-3  berperan aktif dalam memaksimalkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak bisa berjalan lancar. Akan tetapi, hal ini tentunya harus diimbangi juga dengan aktivitas fisik yang teratur, ya. 

5. Meminimalisir Penyakit Otak

Ikan kembung diperkaya dengan kandungan docosahexaenonic acid (DHA). Zat ini mempunyai khasiat untuk meminimalisir risiko kamu terkena penyakit-penyakit yang berhubungan dengan gangguan fungsi otak seperti Alzheimer dan Parkinson. untuk para ibu hamil, adanya DHA ini juga lantas menghasilkan manfaat ikan kembung untuk ibu hamil, yakni membantu tumbuh kembang janin, utamanya dari segi perkembangan otak. jadi, diharapkan buah hati Anda nanti dapat memiliki otak yang cerdas.

Kesimpulan :

Sangat melimpah bukan manfaat ikan kembung bagi kesehatan? Jika ingin mendapatkan khasiatnya, kamu bisa menambahkan ikan kembung sebagai menu makan bersama keluarga. Namun, hindari menggoreng ikan ini karena bisa meningkatkan kandungan lemak dan mungkin menghilangkan asam amino yang terkandung. lebih baik merebus, mengukus, atau memanggang ikan ketimbang menggorengnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama