Populasinya Terancam Punah! Berikut 5 Fakta Unik Tentang Penyu


 Halo, berjumpa kembali dengan penulis. Di artikel kali ini kita akan membahas tentang fakta-fakta unik penyu.Yuk simak!

Penyu adalah hewan yang termasuk kelompok reptil yang bisa ditemukan di semua lautan di dunia, kecuali di daerah kutub. Telah diketahui bahwa ada 7 spesies penyu, 6 spesies diantaranya dalam kondisi yang rentan terhadap bahaya. Faktor utama yang menyebabkan berkurangnya populasi penyu adalah perburuan, hilangnya habitat, terjerat jaring para nelayan, polusi air laut, dan perubahan iklim.

Beberapa Fakta Unik Tentang Penyu

1. Penyu telah hidup di bumi selama beberapa juta tahun

Penyu adalah salah satu organisme yang paling tua, mereka telah hidup di bumi kita ini selama lebih dari 110 juta tahun. Penyu tetap bertahan terhadap perubahan iklim yang telah membunuh para dinosaurus saat itu.

Tubuh penyu di bagian atasnya dilindungi oleh cangkang yang disebut juga sebagai carapace. Tidak seperti kura-kura yang berada di darat, penyu ini tidak bisa menyembunyikan kepala dan kakinya ke dalam cangkang. Alasan itu juga yang membuat mereka lebih rentan terhadap bahaya saat berhadapan dengan predator-predator laut.

2. Disaat bertelur penyu betina kembali ke pantai yang sama

Penyu biasanya menghabiskan sebagian besar hidupnya di lautan. Penyu betina bisa terlihat di pantai hanya saat masuknya musim bertelur. Selama musim bertelur, penyu betina ini akan kembali ke pantai yang sama pada waktu dia menetas. Dia akan menemukan pantai yang tepat meskipun dia telah pergi selama 30 tahun.

Penyu betina meletakkan telurnya di dalam lubang pasir. Sarang tersebut tidak mudah diketahui karena penyu betina menutupi sarang tersebut dengan lapisan pasir tambahan. Bergantung pada spesiesnya, tiap sarang penyu biasanya ditemukan sekitar 60 hingga 200 telur.

3. Jenis kelamin penyu ditentukan suhu telur

Suhu sangat berpengaruh saat penentuan jenis kelamin bayi penyu. Jika suhu telur tinggi yang akan lahir adalah betina dan jika suhu telur rendah yang kan lahir adalah betina.

Anakan penyu ini menetas di malam hari di mana mereka memanfaatkan cahaya bulan untuk mencari jalan ke laut. jika terlalu banyak cahaya yang ada di pantai, hal itu bisa mengganggu dan membingungkan penyu muda.

4. Penyu adalah perenang handal yang mampu menempuh jarak jauh

Penyu ini berjalan dengan lamban jika berada di atas pasir karena sirip mereka beradaptasi guna untuk berenang bukan untuk berjalan. Mereka adalah perenang handal yang bisa melampaui jarak yang sangat jauh. Penyu belimbing bisa berenang hingga 19 ribu km, itu sama saja dengan jarak Indonesia dengan Oregon, Amerika Serikat.

Baca Juga:

Penyu ini tidak punya gigi, tetapi mulut mereka biasanya beradaptasi terhadap tiap jenis makanan yang biasa mereka makan. Penyu hijau adalah hewan yang vegetarian, yang memakan rumput laut, sementara penyu lain biasanya memakan kepiting, kerang, ubur-ubur, dan timun laut.

Jika ada plastik yang mengambang di air, penyu akan mencengkeram dan memakan plastik itu karena terlihat seperti seekor ubur-ubur, dan hal itu yang bisa menyebabkam penyu terbunuh.

5. Ukuran penyu bergantung pada spesies dan umurnya lumayan panjang

Penyu memiliki paru-paru yang bernafas dengan oksigen. Mereka menghabiskan sebagian besar hidupnya di bawah air, tapi mereka perlu muncul ke permukaan yang bertujuan untuk menghirup oksigen.

Gunakan Waring Ikan Untuk Pengepakan Hasil Panen, Info Harga Kilk Disini!

Ukuran penyu bisa berbeda pada masing-masing spesies. Penyu Kemp's Ridley bobotnya bisa mencapai 35 kg sampai 45 kg, sementara penyu belimbing bobotnya bisa mencapai lebih dari 100 kg. Seekor penyu bisa hidup antara 70 tahun hingga 80 tahun.

Nah, itu tadi fakta-fakta unik tentang penyu, si reptil laut yang wajib Anda ketahui. Keberadaan penyu saat ini sedang terancam punah populasinya yang disebabkan oleh polusi laut, tugas kita sebagai manusia untuk mengurangi membuang sampah di laut terutama sampah plastik. Jangan lupa share ke semua agar informasi ini bermanfaat, Terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama