Mau Tahu Fakta-Fakta Menarik Dari Ikan Arwana? Mari Kita Baca!


 Ikan arwana merupakan bagian dari keluarga Osteoglossidae. Ikan ini juga sebenarnya masuk dengan jenis ikan purban yang belum punah. Ikan ini juga punya banyak nama, yaitu mulai dari ikan siluk, kayangan, kalikasi, dan kelasa.

Hewan peliharan ini juga sangat populer karena bentuk tubuhnya yang dianggap cukup menarik dan berbeda dari jenis-jenis ikan tawar lainnya.

Salah satu dari mereka yang dikabarkan bernasib cukup malang karena dijadikan santapan makan pagi. Berdasarkan dari unggahan akun Instagram @solokini, ikan arwana itu sudah berusia empat tahun dan ia memebelinya di salah satu toko ikan di Jatinegara, Jakarta Timur.

Awal cerita ketika pemilik ini menitipkan ikan arwana tersebut di rumah orang tuanya yang berada di wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah karena ia mesti bekerja di daerah Cikarang, Jawa Barat. Sudah dua tahun tidak bertemu, saat pemilik ini memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya, ternyata arwana yang ia beli seharga Rp2 juta rupiah itu malah digoreng oleh sang ayah.

Mengenai ikan arwana ternyata masih ada fakta yang cukup menarik untuk diketahui. Berikut ini fakta-fakta terkait ikan arwana:

1. Ikan arwana yang bisa bertahan hidup di wilayah yang oksigennya sedikit

Ikan awarna juga dapat bertahan hidup di wilayah dengan kadar oksigen yang sedikit karena dapat membantu mereka untuk menghindari persaingan untuk mencari makan. Di habitat yang tingkat oksigen nya yang bisa dibilang lebih rendah ini, maka pergerakan mangsa cenderung lebih lambat.

Ikan arwana juga biasanya banyak ditemukan di sungai, danau, dan cekungan sungai.

Baca Juga:

2. Ikan arwana lebih suka memangsa serangga dan ikan kecil

Arwana juga biasanya lebih suka memangsa hewan-hewan yang juga termasuk jenis krustasea (udang-udangan), serangga dan ikan kecil, seperti yang dikutip Animals Net. Namun pada dasarnya, bisa memangsa apa saja yang pas di mulut yang besar mereka.

Meski begitu, ada beberapa spesimen ikan arwana yang dapat memakan burung, ular bahkan kelelawar.

3. Arwana mesti diperlakukan secara khusus

Ikan ini juga membutuhkan perawatan yang lebih intensif dibandingkan spesies ikan-ikan air tawar lainnya. Karena bentuk tubuhnya yang panjang, maka dibutuhkan akuarium yang ukurannya yang panjang dan lebar. Suhu air nya juga pun juga mesti diperhatikan.

Ketika arwana dipelihara, pemilik yang seharus nya memberikan makanan seperti cacing tanah, daging kepiting, udang, dan hati sapi. Sebab, habitatnya sudah berbeda.

4. Arwana termasuk predator soliter

Ikan arwana juga merupakan ikan jenis predator soliter dan berburu mangsanya di sepanjang permukaan air. Tak sedikit juga dari mereka yang bakal melompat keluar dari air untuk menangkap mangsa.

Arwana usia remaja akan hidup di dalam kelompok kecil sementara itu ikan arwana dewasa yang sangat teritorial.

5. Arwana betina bisa hasilkan 30 butir

Tiap jenis arwana juga memiliki strategi reproduksi yang cukup sedikit berbeda. Sebagian besar dari mereka yang menghasilkan jumlah telur yang relatif sedikit. Malah ada betina yang cuma mampu menghasilkan 30 butir telur.

Untuk melindungi telur-telur mereka, biasanya ikan arwana juga akan menempatkan telur di dalam mulutnya. Selain itu, ada beberapa ikan yang juga membutuhkan waktu lebih dari empat tahun untuk dapat mencapai kematangan seksual mereka.

Gunakan Waring Ikan Untuk Pengepakan Hasil Panen, Info Harga Kilk Disini!

6. Jenis Arwana Asia merupakan ikan yang termahal di dunia

Menurut National Geographic, jenis ikan arwana asli yang dari Benua Asia memiliki harga yang cukup tinggi dan termahal di dunia. Karena, mereka adalah ikan air tawar tropis dari Asia Tenggara yang dapat tinggal di kedalaman tiga meter.

Ikan Arwana Asia bisa dibanderol dengan harga yang fantastis yang bisa  sampai US$300 ribu atau sekitar Rp42 juta (US$1 = Rp14,206). Harga jual yang cukup tinggi pun dikarenakan jenis ikan arwana ini juga memiliki ciri-ciri kumis yang menonjol dari dagunya dan ada motif bergelombang di bagian tubuhnya yang menurut kepercayaan masyarakat di China yang merupakan salah satu hewan pembawa keberuntungan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama