Bisa Membunuh Manusia? inilah 5 Fakta Unik Belut Listrik si Ikan Air Tawar!


Hai semua! Kembali berjumpa dengan Penulis.Di artikel kali ini kita akan membahas tentang 5 Fakta Unik Belut Listrik.

Belut listrik adalah salah satu dari 500 jenis ikan air tawar yang dapat menghasilkan aliran listrik. Ikan ini bisa menghasilkan listrik sampai dengan 650 volt untuk berburu dan membela diri. Habitat belut listrik ada di perairan dangkal terutama di daerah perairan yang berlumpur di Sungai Amazon dan Orinoko di Amerika Selatan.

Dilansir dari laman National Geographic, berikut adalah beberapa fakta belut listrik yang perlu Anda ketahui!

1. Belut listrik berkeraba dekat dengan ikan lele

Meski disebut sebagai belut, belut listrik ini justru lebih berkerabat dengan ikan lele dibanding dengan belut pada umumnya. Mereka hidup di perairan dangkal atau air yang berlumpur dan muncul ke permukaan setiap 10 menit sekali karena mereka membutuhkan udara untuk bernapas.

Panjang belut listrik ini bisa sampai 250 cm dan bobotnya bisa mencapai 20 kg. Tubuh mereka berbentuk panjang dan silindris, bisa berwarna putih, bisa juga berwarna hitam, biru, ungu, maupun abu-abu.

Belut listrik ini adalah hewan yang penyendiri dan jarang sekali membentuk kawanan. Mereka adalah hewan karnivor yang memangsa ikan lain, amfibi, burung, dan mamalia kecil.

2. Mempunyai sel yang bisa menghasilkan aliran listrik kuat

Sekitar 80% organ tubuh belut listrik bisa menghasilkan aliran listrik. Belut listrik ini memakai energi tersebut guna untuk mempertahankan diri dari predator dan untuk menyerang mangsanya.

Belut listrik punya kurang lebih 6 ribu sel atau dikenal sebagai electrocyte yang menghasilkan listrik. Mereka juga bisa menghasilkan listrik sampai 600 volt, yang artinya lima kali lebih kuat dibandingkan kekuatan listrik dari stop kontak standar.

3. Listrik yang dihasilkan bisa melumpuhkan kuda dan membunuh manusia

Belut listrik ini bisa menghasilkan kejutan listrik yang cukup kuat, bisa sampai melumpuhkan seekor kuda. Bahkan, manusia bisa saja tewas jika seekor belut listrik menyengatnya beberapa kali.

Beruntungnya, manusia juga jarang bersentuhan dengan belut listrik. Selain itu, belut listrik dengan ukuran yang relatif besar bisa menghasilkan energi listrik yang cukup untuk menyalakan dua belas lampu pijar.

Baca Juga:

4. Belut listrik berumur lumayan panjang

Belut listrik ini punya penglihatan yang buruk. Oleh karena itu, mereka mengeluarkan listrik level rendah atau sampai 10 volt yang bisa membantu mereka merasakan lingkungan sekelilingnya dan mendeteksi mangsanya.

Musim kawin belut listrik ini terjadi selama kemarau. Air liur yang dihasilkan belut listrik jantan ini digunakan untuk membuat sarang telur. Sang betina bisa bertelur sampai 17 ribu butir. Baik jantan dan betina, mereka menjaga keturunannya sampai usia remaja.

Belut listrik yang baru menetas, mereka memangsa invertebrata kecil. Mereka juga bisa saja mengincar sarang belut lain dan memangsa telurnya. Di alam liar mereka bisa hidup selama 15 tahun dan sampai 22 tahun di lingkungan terkendali.

Gunakan Waring Ikan Untuk Pengepakan Hasil Panen, Info Harga Kilk Disini!


5. Habitat belut listrik di air berarus tenang dan keruh

Belut listrik biasanya ditemukan disekitar sungai-sungai yang luas, terutama di Sungai Amazon atau Sungai Orinoko di Amerika Selatan. Perairan berarus tenang yang dipenuhi lumpur adalah habitat favoritnya. Selain itu, mereka juga bisa berkamuflase dari predator dengan memanfaatkan kondisi habitat yang berair keruh kondisi habitat belut listrik yang berair keruh.

Nah, itu tadi 5 Fakta Unik Belut Listrik yang perlu Anda ketahui, salah satu jenis ikan unik yang mampu menghasilkan energi listrik besar yang bisa melumpuhkan kuda, bahkan bisa membunuh manusia!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama