7 Jenis Sayuran Mudah Ditanam dan Bisa Dipanen Dalam Waktu Singkat

7 Jenis Sayuran Yang Mudah Ditanam Sendiri
Hai, apa kabar? Berjumpa kembali dengan penulis. Artikel kali ini, kita akan membahas mengenai 7 jenis sayuran mudah ditanami dan bisa dipanen dalam waktu singkat. Jika selama ini kita terbiasa mengonsumsi beragam jenis sayuran dengan cara membeli, mungkin sekarang sudah saatnya mencoba menanam sendiri. Yuk, coba!

Apalagi di tengah pandemi corona ini hampir seluruh waktu kita dihabiskan di rumah. Tentu sangat tepat untuk mencoba berbagai kegiatan atau hobi baru, ‘kan? Salah satunya adalah belajar menanam macam macam sayuran untuk kebutuhan sehari-hari. Tak perlu khawatir kegiatan ini akan merepotkan.

Kenyataannya, ada jenis macam sayuran yang dapat ditanam dengan gampang, serta oleh seorang pemula sekalinya. Bertambah menariknya lagi, beberapa dari sayuran itu bisa dipanen dalam tempo 30 hari saja!

Benar-benar menarik kan? Bila tertarik, di bawah ini beberapa macam sayuran yang dapat dipanen dalam tempo singkat serta dapat Anda coba tanam di dalam rumah dengan gampang.

7 Jenis Sayuran Mudah Ditanam dan Bisa Dipanen Dalam Waktu Singkat

1. Selada

Di antara macam macam sayuran yang sering dimakan, selada pasti sudah sering dijumpai. Selada juga bisa tumbuh dalam berbagai musim dan juga suhu ekstrem seperti misalnya suhu yang sangat rendah. Siapa kira, tipe sayuran banyak mengandung nutrisi ini rupanya gampang ditanam dengan beberapa cara simpel.

Nah, buat Anda yang ingin coba, selada dapat ditanam dengan konservatif dan hidroponik.

2. Bayam

Siapa tak kenal sayuran hijau kaya gizi yang satu ini?

Sayur bayam termasuk dalam golongan sayur yang mudah dibudidayakan lahan sempit maupun di rumah. Anda bisa mulai dengan menanam kembali bagian akar bayam di lahan yang sudah dipersiapkan.

Jangan lupa, syarat tumbuh sayur bayam harus terkena sinar matahari dan ternaungi. Sirami bayam dengan air secukupnya setiap hari, dan setelah usia 4-5 minggu, sayur bayam hijau siap untuk dipanen!
3. Wortel

Ada wortel biasa, ada juga wortel bayi yang ukurannya lebih kecil. Wah ternyata, sayuran wartel kaya akan vitamin A, sayuran ini juga dapat Anda budidayakan sendiri di rumah maupun dilahan sepit. Cara menanamnya pun cukup dengan wadah kecil atau bisa langsung ditanam di tanah.

Sementara soal perawatannya sama sekali tak merepotkan. Anda perlu menyiraminya sekali dalam dua tahu 3 hari, wortel bayi masih dapat tumbuh secara baik.

4. Kangkung

Kecuali gampang diproses jadi beberapa masakan, kangkung termasuk juga tipe sayuran hijau yang gampang ditanam, lho!

BACA JUGA:
Sukses Budidaya Terong Ungu Bagi Pemula | Ini Dia Caranya
Monstera Deliciosa Tanaman Dengan Harga Selangit dan Cara Jitu Merawatnya
Cara Muda Menyimpan Cabai Agar Tidak Cepat Busuk, Bisa Tetap Segar Selama 3 Bulan!

Kangkung hanya butuh waktu kurang lebih tiga minggu dari penanaman awal sampai panen dan bisa ditanam di segala musim. Jika lahan tanam sempit, Anda bisa menanam kangkung dengan teknik budidaya hidroponik.

5. Daun Bawang

Tipe sayuran pelengkap yang ini gampang ditanam kembali lagi, lho! Bawang daun dapat ditanam dari bibitnya di pot, polybag, atau di tempat yang telah disiapkan.

Biasanya, Anda dapat memanen bawang daun sesudah 2,5 bulan ditanam. Walau baiknya ditanam di daerah dengan temperatur sejuk, tetapi daun bawang masih dapat tumbuh di dataran rendah bersuhu panas, kok!

6. Bawang Putih

Bawang putih termasuk juga jenis macam sayuran yang gampang ditanam di dalam rumah, lho!

Anda bisa menanam jenis bawang putih apapun dengan cara yang hampir sama. Menanamnya juga tidak perlu tempat yang luas sebab masih dapat ditanam di media pot memiliki ukuran kecil.

Minimal, butuh waktu seputar 90 hari sampai bawang putih siap dipanen.

7. Timun

Mentimun kemungkinan tidak setenar jenis macam sayuran yang lain. Tetapi, mentimun wajar untuk diperhitungkan bila Anda ingin menanam sayuran yang cepat dan mudah panen.


Bagaimana tidak, cuma perlu waktu seputar empat minggu saja sampai mentimun siap dipanen. Khasnya, mentimun juga dapat ditanam selama setahun tanpa ada mengenali musim!

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

Jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya.

Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama