Tahukah Kamu? Ini 5 Manfaat Ikan Patin yang Jarang Diketahui


Ikan patin adalah ikan air tawar yang mempunyai daging yang putih serta tebal. Ikan ini juga mempunyai harga yang relatif mahal, sehingga lebih banyak dikonsumsi oleh kalangan menengah ke atas. Ikan patin bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan, seperti patin goreng, patin bakar, serta patin asam manis. Ternyata ikan pating punya banyak manfaat, antara lain sebagai berikut.

1. Membangun dan Memperbaiki Jaringan Otot


Protein dalam ikan patin ialah salah satu sumber energi utama yang menunjang kesehatan tubuh. Protein juga yang bertanggung jawab untuk membangun serta memperbaiki jaringan dan otot, serta berfungsi sebagai blok bangunan guna banyak hormon, enzim, serta molekul lainnya. 

2. Menjaga Kesehatan Tulang


Kandungan fosfor serta kalsium yang cukup tinggi pada ikan patin bakal membantu memenuhi kebutuhan fosfor serta kalsium tubuh dalam sehari. Manfaat ikan patin untuk kesehatan selanjutnya dipengaruhi kandungan fosfor serta kalsium ini. Jika anda mengonsumsi ikan patin berikut dengan tulangnya, anda akan mendapatkan kalsium dan fosfor yang baik untuk tulang. Apalagi, kekurangan kalsium pada masa pertumbuhan bisa menghambat pertumbuhan tulang dan gigi.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan


Sebagai sumber protein yang padat nutrisi, ikan patin pula dapat membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan perasaan kenyang. Ikan patin juga merupakan pilihan yang baik untuk orang-orang yang sedang menjaga asupan kalori tetapi tetap ingin mendapatkan nutrisi yang cukup.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak 


Ikan patin mengandung asam lemak omega-3 yang berperan dalam peningkatan kesehatan otak. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengobati kondisi neurologis dan mental, termasuk kehilangan memori, attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), dan depresi. 

5. Mencegah Penyakit Kardiovaskular


Salah satu manfaat ikan patin bagi kesehatan adalah mencegah penyakit kardiovaskular. Hal ini berkaitan dengan kandungan lemak tak jenuh yang terdapat di dalam ikan patin ini. Kandungan lemak tak jenuh pada daging ikan patin ini bahkan mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama