Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal, Agar Cepat Besar!!

Budidaya Ikan Nila Dikolam Terpal
Selamat pagi! Semoga para pembaca selalu diberikan kesehatan. Oke, hari ini kita akan membahas artikel soal cara budidaya ikan nila. Teman dekat, Kecuali ikan mas, ikan nila adalah tipe ikan yang terbanyak disukai. Keinginan ikan nila semakin bertambah sehari-harinya. Tentu saja ini jadi potensial serta kesempatan usaha yang menjanjikan buat anda coba.

Budidaya ikan nila sebetulnya tidak susah. sama juga dengan ikan lele, anda dapat memakai terpal untuk pilihan media kolamnya. Tentu saja semakin irit ongkos bila dibanding dengan membuat kolam dari batu bata, serta tentu saja yang di butuhkan hanya terpal dengan kualitas baik untuk media kolamnya.

Budidaya ikan Nila Nirwana termasuk memberikan keuntungan. sebab waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama sampai proses panen. Ikan Nila Nirwana yang siap panen umumnya mempunyai ukuran berat 600 gr. Bila berat ikan tidak rata anda dapat lakukan tehnik pilih panen pada ikan nila. Bila anda ingin manfaatkan tempat yang dipunyai dengan hasil memberikan keuntungan, karena itu coba untuk budidaya ikan nila, di bawah ini. Langkah Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal.

Langkah Budidaya Ikan Nila Memakai Kolam Terpal

Persiapan Kolam

Langkah Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal Yang pertama ialah mersiapan kolam dengan pilih tempat tanah langsung terserang cahaya matahari serta lumayan luas. Setelah itu gali tanah supaya sesuai luas kolam yang diharapkan serta lebar terpal yang anda dibeli. Dengan Kedalaman seputar 50 cm.

Selanjutnya di atas terpal beri bata merah serta batako supaya terpal nampak rapi. Membuat kolam ini harus memlih kualitas terpal yang bertahan lama. Disamping itu kolam terpal dibikin kotakan ditengah-tengah kolam dengan ukuran kecil untuk menyalurkan air serta supaya gampang dikeringkan hingga ikan bergabung serta gampang dibikin bersih.

Penyebaran Benih

Langkah Budidaya Ikan Nila diKolam Terpal Step setelah itu menyebar benih. Benih yang disebar memiliki ukuran 8-12 cm dengan berat 30 gr per ekornya. Penyebaran dilaksanakan pada pagi atau sore hari, tetapi sebaiknya bila penyebaran di kerjakan di sore hari serta kerjakan dengan berhati-hati supaya benih tidak depresi.

BACA JUGA:
Cara Menjaga Umur Produktivitas Tanaman Cabai
Tidak Disangka, Inilah Fungsi Lain dari Plastik UV
Mengenal Ikan Buntal, Sajian Mahal di Jepang yang Beracun

Bibit yang disebar mempunyai berat 30 gr per ekor, dengan waktu perawatan ikan nila semasa enam bulan dengan ukuran berat panen bisa capai 400-600 gr per ekornya. Disamping itu supaya hasilnya optimal dibutuhkan pemberian pakan yang baik serta sesuai umur ikan nila.

Pemberian Pakan Ikan Nila

Langkah Budidaya Ikan Nila diKolam Terpal Pada proses ini, pakan yang diberi dapat pakan alami atau mungkin dengan pakan penambahan. Pakan ikan nila bisa berbentuk dedak, ampas kelapa sampai pellet.

Sisa-sisa makanan dapur serta nabati dapat digunakan untuk pakan ikan nila. Disamping itu plankton jadi salah satunya tipe pakan yang pas untuk ikan nila. Pada intinya pakan ikan nila membutuhkan keperluan protein 20-30 % serta lemak sekitar 70 %. Disamping itu karbohidrat yang dibutuhkan seputar 63-77 % pada sebuah muatan pakannya.

Penjagaan Penyakit serta Penjagaan

Step yang paling akhir ialah Ikan nila dapat dipanen dengan cara baik bila telah capai usia 4-6 bulan. Berat ikan nila yang siap panen di antara 400-600 gr.

Bila ukuran berat rerata masih tidak cukup dari yangdi kehendaki customer, karena itu panen dapat dilaksanakan dengan skema setahap.


Skema setahap ini cuma pilih tipe ikan yang wajar mengonsumsi atau yang mempunyai ukuran besar saja. selebihnya didiamkan tumbuh sampai memiliki ukuran cukup.

Untuk menahan penyakit ikan nila, seharusnya jaga nutrisi ikan secara baik serta jauhi over crowding dan bersihkan tangan serta kaki sebelum bersinggungan dengan ikan nila.

Selesai sudah artikel untuk hari ini, jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Sampai jumpa.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama