Cara Tepat Budidaya Ikan Mas Di Jaring Apung Supaya Hasil Melimpah



Ikan mas atau sering disebut Ikan karper (Cyprinus carpio) merupakan ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi serta sudah tersebar luas di Indonesia.Ikan mas tergolong dalam ikan yang cukup mudah dibudidayakan dengan menggunakan media jaring apung

Budidaya ikan mas dibagi menjadi 2 yaitu pembesaran serta pembibitan.Pembesaran ikan mas ditujukan untuk tujuan konsumsi serta kebutuhan pasar, sedangkan pembenihan ditujukan untuk menghasilkan bibit ikan mas untuk budidaya pembesaran ikan mas.
Ikan mas dapat dibudidayakan di tempat yang bersuhu sedang dengan pH air berkisar 7 hingga 8. Berikut merupakan cara untuk budidaya ikan mas di jaring apung supaya hasil panen melimpah.
*Baca juga : Cara Mudah Budidaya Sawi Hidroponik Supaya Hasil Panen Lebih Optimal

Langkah-langkah budidaya ikan mas:

Pemilihan bibit ikan mas
Hal Pertama yaitu memilih bibit ikan mas.Untuk hasil maksimal bibit ikan mas diusahakan merupakan bibit ikan unggulan yang berukuran 10-12 cm atau berbobot berkisar 80-100 gram per ekor.Jika anda membeli bibit ikan mas, usahakan anda memilih bibit ikan yang memiliki kualitas unggul serta tahan penyakit

Pemilihan tempat dan pembuatan jaring apung
Budidaya ikan mas di jaring apung dapat dilakukan di lokasi danau atau waduk dengan sumber air bersih serta terbebas dari pencemaran maupun limbah.Air memiliki kadar pH berkisar antara 7-8. Jaring apung dibuat menggantung pada kerangka rakit yang berbentuk persegi empat.Kedalaman jaring apung maksimal yaitu 3 meter. Gunakan bambu sebagai bahan kerangka rakit.Kerangka tersebut mengapung di atas air dengan menggunakan bantalan dari drum bekas.

Yang harus diperhatikan saat budidaya ikan mas di jaring apung:
  • Kapasitas padat tebar jaring apung sekitar 30 ekor/m2.
  • Pakan berupa pelet dengan kadar protein 25%.
  • Jumlah pakan yang diperlukan setiap hari ialah 4% dari bobot tubuh ikan.Semakin besar tubuh ikan mas maka jumlah pakan juga ikut ditambah mengikuti bobot ikan. 
  • Frekuensi pemberian pakan 3 kali sehari.
  • Cek secara berkala terhadap serangan penyakit serta hama.
  • Lama pembesaran ikan mas berkisar 2-3 bulan.
Perawatan Ikan mas
Perawatan ikan mas bertujuan untuk mengurangi kematian ikan.Jaring apung harus sering di cek apakah ada hama penggangu atau tidak. Hama ikan mas terdiri dari linsang, ular, kodok, biawak, burung, hingga organisme kecil seperti larva, kutu, dan jenis serangga lainnya. Lakukan juga pengecekan penyakit yang biasa menyerang ikan mas secara rutin.
*Baca Juga : Tips Jitu Budidaya Kacang Tanah Dengan Hasil Melimpah

Panen  Ikan Mas
Waktu yang diperlukan untuk budidaya ikan mas dari ukuran 100 gram per ekor, sampai ukuran siap konsumsi sekitar 2-3 bulan. Ikan mas dapat dipanen pada kisaran 300-400 gram per ekor.Saat pemanenan usahakan tidak merusak kondisi fisik ikan karna dapat menurunkan kualitas serta harganya nanti saat dijual.

Selamat Mencoba...

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama